• DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA TIMUR
cloud

Alat Uji Elektrolit Sederhana Untuk Eksperimen Daya Hantar Listrik Terhadap Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit



INOVATOR
NAMA SULISTIN, S.PD
PROFESI Guru / PNS
NAMA SEKOLAH SMAN 1 Karangbinangun
ALAMAT DS. WINDU.KEC.KARANGBINANGUN
TGL UPLOAD 28 Feb 2021
FILE INOVASI Alat Uji Elektrolit-dikonversi.pdf

Manfaat

1. Alat peraga ini dapat dijadikan sebagai alternatif peralatan laboratorium,\r\n2. Dapat memicu agar guru/siswa dapat berinisiatif membuat alat yang mirip atau mengembangkannya untuk praktikum lainnya.\r\n3. Penggunaan alat peraga skala kecil ini dapat membangun pengetahuan dan keterampilan serta sikap yang sesuai dengan kompetensi yang disarankan kurikulum\r\n


Sasaran

1. Membuat alat peraga kimia yang dapat dipergunakan untuk melakukan praktikum kimia skala kecil.\r\n2. Melakukan pengujian terhadap alat peraga kimia yang dibuat.\r\n


Deskripsi

Ilmukimia adalah ilmu yang berlandaskan eksperimen.  Oleh karena itu,pembelajaran kimia di sekolah harus disertai dengan kegiatanpraktikum.  Salah satu sasaran praktikum adalah menuntun danmelatih siswa untuk berfikir dari kongkrit ke abstrak.  Belajar akanbermakna jika siswa mampu mengaitkan konsep yang bersifat logik abstrak denganpengalaman nyata baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam skalalaboratorium. 

Melaluikegiatan praktikum siswa akan mendapatkan konsep yang dipelajari melaluipengalaman langsung, mengamati, menafsirkan, meramalkan serta mengajukanpertanyaan-pertanyaan selama kegiatan  praktikumberlangsung.  Dalam pembelajaran kimia, eksperimen, deskripsi, danteori dipadukan dan saling berkaitan. Dalam hal tertentu, eksperimen digunakanuntuk melihat persoalan dan mengembangkan pola konsep serta teori, namun bukanuntuk mengilustrasikan teori yang sudah diajarkan.

Pengalamankerja laboratorium berpengaruh secara langsung pada kemampuan intelektual dankemampuan proses ilmiah.   Kemampuan proses ilmiah dan kemampuanintelektual ini dapat menghindari kesalahan pemahaman pada konsep.1   Penggunaanmedia laboratorium (dan alat bantu belajar) juga dapat meningkatkan hasilbelajar siswa. Selain itu, kegiatan laboratorium akan mampu meningkatkan minatdan daya tarik siswa dalam mempelajari ilmu kimia melalui pengalamannyata. 

 Dengandemikian, penggunaan laboratorium pada pembelajaran memiliki peranan yangsangat penting dalam meningkatkan pemahaman siswa serta menghindari terjadinyakesalahan pemahaman konsep.

 

Ada beberapa alasan yang mendukung perlunya alat peraga praktikumkimia skala kecil ini dibuat, yaitu:

a)   Penggunaan alat peraga praktikum kimia skala kecil yang mudah,maka tidak    diperlukan keterampilan khusus dalammenggunakannya.

b)   Membantu dalam pembelajaran kimia sehingga penyampaian konsepmenjadi lebih bermakna.

c)   Dibuat dari bahan-bahan yang mudah didapat, sehingga guru atausiswa dapat membuat dan mengembangkannya sendiri. Dengan demikianketidaktersediaan alat peraga praktikum kimia di sekolah bisa teratasi.

d)   Dengan penggunaan sedikit bahan kimia dan alat yang praktis, makatidak diperlukan persiapan khusus, sehingga ketiadaan tenaga laboran danketerbatasan waktu bukanlah suatu masalah untuk melakukan praktikum kimia disekolah.

Menekan biaya kegiatanpraktikum, karena menggunakan sedikit bahan kimia dan peralatan sederhana.


CARAKERJA ALAT

Untuk menentukan jenis larutan apakah larutan tersebuttermasuk larutan elektrolit maupun nonelektolit dapat dilakukan dengan caraberikut:

1.    Siapkan beberapa jenis larutan,contohnya larutan garam, asam, gula dan air

2.    Selanjutnya, tempatkan larutantersebut pada gelas/wadah yang dapat dijangkau oleh elektroda karbon.

3.      Celupkan kedua elektroda karbon padalarutan tersebut, pastikan bahwa kedua elektroda tidak bersentuhan


Reaksidapat berupa nyala lampu dan timbulnya gelembung. Berikut ini informasi akantimbulnya nyala lampu dan gelembung pada hasil percobaan.

  1. Apabila nyala lampu terang dan gelembung yang dihasilkan banyak, berarti larutan tersebut termasuk Larutan Elektrolit Kuat.
  2. Apabila nyala lampu redup/tidak menyala dan gelembung yang dihasilkan sedikit, berarti larutan tersebut termasuk Larutan Elektrolit Lemah.
  3. Apabila lampu tidak menyala dan tidak ada gelembung, berarti larutan tersebut termasuk Larutan Nonelektolit.

Komentar