• DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA TIMUR
cloud

Wirausaha Mandiri Pada Siswa



INOVATOR
NAMA ENY HARYATI
PROFESI Guru PNS
NAMA SEKOLAH SMA Negeri 1 Pule
ALAMAT Jl.Raya Jombok Gg.Sidem No. 03 Pule
TGL UPLOAD 19 Jun 2020
FILE INOVASI

Manfaat

Mempersiapkan generasi\r\nyang mampu menciptakan usaha sendiri dan menciptakan lapangan pekerjaan untuk\r\norang lain
\r\n


Sasaran

Melatih kemampuan\r\nwirausaha mandiri pada siswa


Deskripsi

Salah satu  visi dan misi SMAN I Pule adalah mencetakgenerasi yang handal. Untuk mencapai visi misi tersebut, salah satu usaha yangkami lakukukan adalah membuat inovasi untuk melatih siswa dalam berwirausahamandiri.  Usaha ini berupa usaha di bidang kuliner yang dipasarkan secaraoff line maupun on line.

  Secara off line, para siswa menitipkan hasil usahanya dibeberapa toko/mart seputar wilayah Pule, menerima pesanan para warga yang punyahajatan , bahkan ada pula yang menitipkan produknya ke pedagang keliling. Di era digital ini, usaha on line sedang banyak digandrungi. Maka para siswa juga banyak memasarkan produknya secara on line.Siswa memanfaatkan berbagai jenis platform sosial media, seperti Whatsapp,Facebook, dan Instagram, sebagai media untuk mempromosikan usaha mereka

  Sebelum mereka berwirausaha tentu saja saya sebagai pendidikmelatih dahulu dengan memberikan resep-resep dan praktik di dapur sekolah kami.Kemudian ilmu yang diperoleh dari sekolah mereka gunakan untuk berwirausaha dirumah secara mandiri. Usaha yang dilakukan siswa selalu selalu kamipantau. Kami memantau mulai dari proses produksi hingga pemasaran, sertabagaimana mereka memanajemen kegiatan operasional dan memanajemen keuanganusaha mereka.  Selain itu, kami juga meminta umpan balik dari pelangganmengenai produk yang dijual oleh siswa.

  Tahap terakhir,kami selalu melakukan evaluasi dan memberikanmasukan kepada siswa berdasarkan pantauan operasional usaha siswa serta daripenilaian pelanggan. Evaluasi dan masukan ini diharapkan dapat menjadi acuanbagi siswa dalam mengembangkan serta memperbaiki usahanya. 


Komentar