• DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA TIMUR
cloud

Budidaya Bayam Brazil Hidroponik Untuk Menumbuhkembangkan Jiwa Kewirausahaan Peserta Didik



INOVATOR
NAMA SUNARSIH, S.PD.
PROFESI Guru
NAMA SEKOLAH SMAN 1 GONDANG
ALAMAT Jalan Raya Pugeran 61, Desa Pugeran, Kec. Gondanng
TGL UPLOAD 16 Jun 2020
FILE INOVASI BUDIDAYA BAYAM BRAZIL.pdf

Manfaat

Ekonomi pertanian adalah aktivitas ekonomi yang terkait dengan produksi, distribusi, dan konsumsi produk dan jasa pertanian. Berdasarkan data BPS tahun 2002, bidang pertanian di Indonesia menyediakan lapangan kerja bagi sekitar 44,3% penduduk meskipun hanya menyumbang sekitar 17,3% dari total pendapatan domestik bruto. Dengan melihat besarnya peluang kerja pada bidang pertanian tersebut, maka pertanian hidroponik dikembangkan di SMA Negeri 1 Gondang, Mojokerto sebagai media pembelajaran wira usaha.


Sasaran

Dalam usaha menumbuhkembangkan jiwa wirausaha peserta didik pada hidroponik, SMA Negeri 1 Gondang  telah melaksanakan kegiatan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan tentang hidroponik, khususnya ketrampilan dalam pembibitan, perawatan, pembuatan dan pemberian nutrisi, serta mengolah hasil produksi hidroponik.

 

Meningkatkan peran aktif peserta didik untuk berwirausaha, yaitu melaksanakan bertanam hidroponik serta dapat berusaha mengembangkan  pengetahuan hidroponik yang diperoleh karena usaha hidroponik relatif mudah dilakukan dan tidak butuh banyak waktu dan lahan sehingga warga sekolah bisa dengan mudah mendapatkan sayur sehat bebas pestisida.


Deskripsi

SMA Negeri 1 Gondang mengembangkan kewirausahaan hidroponik sejak November 2018 dengan menggunakan sistem Wick dan sistem DFT. Sayur Pakcoy, kangkung, samhong, siomak, selada kribo, dan bayam merah merupakan jenis sayur hidroponik yang telah dihasilkan. Hasil olahan sayur hidroponik antara lain Stik pakcoy,  rempeyek pakcoy, krupuk kangkung, samiler kangkung, dan beberapa jenis minuman.

Untuk pengembangan inovasi dari kewirausahaan hidroponik selanjutnya adalah budidaya bayam Brazil (Brazillian Spinach). Bayam Brazil merupakan jenis bayam yang jarang ada dan biasanya ditanam di tanah karena bayam brazil memiliki batang yang keras. Inovasi yang dikembangkan oleh SMA Negeri  1 Gondang adalah menanam bayam brazil pada sistem hidroponik, utamanya pada sistem wick.

Seperti bayam pada umumnya, bayam brazil memiliki kandungan nutrisi karotine, vitamin C, Ferrum, kalsium, dan serat tinggi. Bayam brazil mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, antara lain kandungan kalori rendah, meningkatkan kesehatan otak, mengingkatkan kesehatan mata, meningkatkan metabolisme, mencegah osteoporosis.

Kelebihan lain dari budidaya bayam brazil adalah hemat dan mudah dikembangbiakkan, karena kita tidak perlu membeli bibit, tetapi cukup setek batang. Bayam ini mempunyai masa hidup yang cukup panjang.

Kegiatan budidaya bayam brazil hidroponik dimulai dari mempelajari tentang bayam brazil, melakukan pembibitan, perawatan, pemberian nutrisi, panen, hingga  olah hasil.  


Komentar