• DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA TIMUR
cloud

Pemanfaatan Sia (sistem Informasi Akademik) Dalam Pengelolaan Kehadiran, Cashflow Dan Penilaian



INOVATOR
NAMA DRS. TEGUH HARIAWAN
PROFESI Guru
NAMA SEKOLAH SMA SEJAHTERA PRIGEN
ALAMAT JL RAYA NO 25 PRIGEN PASURUAN
TGL UPLOAD 11 Jun 2020
FILE INOVASI Pemanfaatan SIA (Sistem Informasi Akademik) dalam-converted.pdf,Pemanfaatan SIA (Sistem Informasi Akademik) dalam-converted.pdf,Pemanfaatan SIA (Sistem Informasi Akademik) dalam-converted.pdf

Manfaat

1. Memberikan informasi detil dan akurat baik harian, mingguan serta bulanan tentang kehadiran dan kepulangan peserta didik, guru, TU serta Kepala Sekolah 2.. Memberikan informasi secara akurat kepada sekolah dan orangtua tentang keberadaan anak saat jam belajar dan jam pulang sehingga akan meminimalisiir siswa membolos, keluyuran atau tawuran.3. Membantu merekap kehadiran siswa, guru, TU serta kepala sekolah sehingga data dapat dianalisis, dievaluasi serta ditindaklanjuti secara objektif.

4. Sebagai salah satu sarana memberikan informasi tercepat secara serentak kepada seluruh stakeholder sekolah pada saat yang diinginkan, terutama kepentingan mendadak/ urgen

5. Membantu merekap alur keuangan. cashflow yang berasal dari Komite Sekolah/  Masyarakat

6. Membantu memberikan informasi penilaian kepada pengelola sekolah dan orangtua sesuai waktu yang diinginkan\r\n


Sasaran

1. Memberikan informasi faktual dan aktual serta akurat kepada pengelola sekolah dan orangtua walimurid serta pihak berkepentingan secara realtime maupun secera periodik

2. Memberikan gambaran profil peserta didik, guru, TU dan Kepala Sekolah berdasarkan data kehadiran dan kepulangan secara signifikan

3. Sebagai salah satu alternatif komunikasi dan informasi pada seluruh stake holder saat pandemi wabah


Deskripsi

Inovasi ini dilatarbelakangi belum adanya sistem yang mampu mendeteksi siswa membolos, keluyuran saat jam belajar karena sering terputusnya informasi antara sekolah dan orangtua saat jam belajar.  Maka, dengan Sistem Informasi Akademik ini yang dalam pengoperasiannya dipadukan dengan Finger Print, Server Komputer serta Smartphone, akan mampu secara realtime memberikan informasi keberadaan siswa saat jam belajar kepada pengelola sekolah dan orangtua. Termasuk juga keberadaan guru, TU dan kepala sekolah yang dilaporkan ke Smartphone pimpinan sekolah.

Selain memberikan informasi kehadiran, SIA juga dirancang untuk membantu mengelola rekapitulasi kehadiran, keterlambatan, kepulangan peserta didik, guru, TU dan Kepala Sekolah sehingga diperoleh gambaran profil yang objektif untuk dievaluasi dianalisis dan ditindaklanjuti.

SIA juga sangat handal digunakan sebagai media penyebar informasi serentak yang sangat efektif dan efisien dalam masa Pandemi. Menghemat pekerjaan serta mudah dioperasikan serta berbiaya murah.

Selain kehadiran, fungsi lain SIA adalah mampu merekap cashflow pembayaran yang bersumber dari Komite Sekolah/ Masyarakat, sehingga terdapat data tunggal dan valid yang dikelola oleh sekolah dan diterima oleh orangtua. 

Ke depan, Sistem Informasi Akademik (SIA) akan digunakan untuk pengelolaan dan pelaporan hasil belajar siswa sesuai kebutuhan sekolah. Apalagi saat masa pandemi, yang tidak diperlukan tatap muka untuk mengirimkan hasil belajar pada orangtua.


 


Komentar