• DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA TIMUR
cloud

Vegetable Chips Produk Dari Hi-skanda Sebagai Wadah Kreativitas Siswa Smkn 1 Kendal Ngawi Dalam Beragrobisnis



INOVATOR
NAMA SMK NEGERI 1 KENDAL NGAWI
PROFESI GURU
NAMA SEKOLAH SMK NEGERI 1 KENDAL
ALAMAT Jl. Eyang Syamsudin Sidorejo Kendal Ngawi
TGL UPLOAD 14 Nov 2019
FILE INOVASI

Manfaat

Manfaat yang diharapkan di sini adalah menumbuhkan atau mengembangkan jiwa enterpreneurship siswa dalam bidang agrobisnis. Siswa akan memiliki ketrampilan untuk mengolah sayuran menjadi produk vegetable chips yang memiliki nilai jual yang lebih tinggi dari sayuran mentah, siswa akan memiliki ketrampilan bagaimana pengemasan hasil olahan yang menarik, serta siswa belajar memasarkan hasil olahan tersebut. \r\n


Sasaran

Inovasi ini bertujuan untuk mengembangkan jiwa enterpreneurship siswa di bidang agrobisnis. Siswa akan dibekali bagaimana proses pasca panen. Siswa akan belajar bagaimana membuat produk olahan dari tanaman sayur yang mereka tanam, atau tanaman bermanfaat lain yang ada di sekitar sekolah untuk menjadi produk unggulan sekolah yaitu vegetable chips. Selain itu siswa belajar bagiamana cara pengemasan yang menarik dan pemasaran produk tersebut. Sasaran penting dalam inovasi ini adalah menumbuhkan jiwa enterpreneurship siswa dalam bidang agrobisnis, memberikan keterampilan siswa SMK untuk mempersiapkan mereka menjadi enterpreneur di masa depan di luar keahlian kejuruan mereka.


Deskripsi

Hidroponik di SMKN 1 Kendal yang bernama Hi-Skanda merupakansalah satu ekstrakurikuler yang ada di SMKN 1 Kendal Ngawi. Hi-Skanda padaawalnya fokus pada budidaya tanaman hidroponik, tetapi sekarang tidak hanyatanaman hidroponik, tetapi juga tanaman sayur yang dibudidaya secarakonvensional. Pada perkembangan saat ini, Hi-Skanda juga membuat produk olahandari hasil budidaya untuk menjadi Vegetable Chips. Bahan bakuvegetable chips tidak hanya terpaku pada sayur hasil budidaya sendiri, tetapijuga mencoba mengolah dari sayur lain yang ada di sekitar sekolah. Saat iniHi-Skanda telah membuat 10 varian vegetable chip dari 10 sayuryang berbeda. Varian vegetable chips antara lain bayam, kangkung, sawi, terong,pare, pegagan, pepaya muda, beluntas, binahong, dan jonghe.

Inovasi ini bertujuan untuk mengembangkan jiwa enterpreneurshipsiswa di bidang agrobisnis. Siswa akan dibekali bagaimana proses pasca panen.Siswa akan belajar bagaimana membuat produk olahan dari tanaman sayur yangmereka tanam, atau tanaman bermanfaat lain yang ada di sekitar sekolah untuk menjadiproduk unggulan sekolah yaitu vegetable chips. Selain itu siswabelajar bagiamana cara pengemasan yang menarik dan pemasaran produk tersebut.

Manfaat yang diharapkan di sini adalah menumbuhkan ataumengembangkan jiwa enterpreneurship siswa dalam bidang agrobisnis, memberikanketerampilan siswa SMK untuk mempersiapkan mereka menjadi enterpreneur di masadepan di luar keahlian kejuruan mereka.


 


Komentar