• DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA TIMUR
cloud

\"lylyntas\" Permen Jelly Bluntas Inovasi Tanaman Obat Daun Bluntas Menjadi Permen Yang Menyehatkan



INOVATOR
NAMA RIKA WULANDARI
PROFESI GURU
NAMA SEKOLAH SMKN 1SINGGAHAN TUBAN
ALAMAT Jalan Panglima Sudirman No.100 Singgahan Tuban
TGL UPLOAD 13 Nov 2019
FILE INOVASI

Manfaat

Memberikan informasi tambahan pada masyarakat tentang cara pengolahan daun beluntas menjadi olahan permen jelly.


Sasaran

Menjadikan tanaman Bluntas (Plucea Indica Less) sebagai salah satu tanaman obat (ramuan jamu) menjadi produk yang lebih menarik dan diminati banyak kalangan yakni \"Lylyntas\" Permen Jelly Bluntas.


Deskripsi

"Lylyntas" Permen Jelly Bluntas Inovasi tanaman obat Daun Bluntas Menjadi Permen yang Menyehatkan

Beluntas (Plucea Indica Less), nama tumbuhan inimungkin jarang kita dengar, tapi sebetulnya tanaman ini tidak seasing namanya.Jika kita perhatikan seksama, hampir banyak orang akan mengenalnya sebagaitanaman yang sering tumbuh dan digunakan sebagai tanaman pagar. Secaratradisional daun beluntas digunakan masyarakat sebagai obat untuk menghilangkanbau badan, obat turun panas, obat batuk, nyeri, rematik, meluruhkan keringat,dan obat diare. Daun beluntas yang telas direbus sangat baik untuk mengobatisakit kulit. Di samping itu daun beluntas jugasering dikonsumsi oleh masyarakat sebagai lalapan. Daun beluntas walaupunmemiliki banyak manfaat tapi kurang diminati karena rasanya getir dan memilikibau yang khas (sengir).

Dari berbagai informasi di masyarakatyang telah lama memanfaatkan daun beluntas sebagai salah satu tanaman obat(ramuan jamu) mendorong kami untuk melakukan percobaan mengolah daun beluntasmenjadi produk yang disukai banyak kalangan masyarakat dari semua kalangan usia.

Setelahmasuknya pengetahuan modern, perkembangan ilmu dan kemampuan meramu obat secaratradisional  makin berkurang dan ditinggalkan. Makin banyak orangyang memilih pengobatan modern dan obat-obatan kimia yang lebih praktisdaripada meminum jamu yang perlu diramu terlebih dahulu dan rasanyapun kadangpahit.

Kini dengan merebaknya tren kembali ke alam dankrisis ekonomi yang melanda, penggunaan obat-obatan kimia dipertimbangkankembali. Harga obat-obatan tersebut terus melambung tinggi, bahkan sulitterbeli oleh masyarakat berpenghasilan rendah. Biaya yang murah, terbuktiberkhasiat dan efek samping yang tidak ada menjadi pertimbangan utama kembalike alam. 


            Dari latar belakang ini penulis berinisiatif untukmengembangkan permen yang banyak diminati oleh masyarakan berbahan dasar tanamanobat daun Bluntas. Harapannya produk kami bisa menjadi pangan alternatif yangbernilai gizi dan bisa sebagai obat herbal yang diminati oleh masyarakat.Dengan Brands "Lylyntas" ( Permen Daun Bluntas).


Komentar