• DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA TIMUR
cloud

*rancangan Sistem Dft Dengan Memanfaatkan Sensor Growthlight Dalam Penyinaran Dan Kolam Portable Sebagai Penampung Air Bagi Pertumbuhan Tanaman Hidroponik*



INOVATOR
NAMA ROHATIN
PROFESI Guru
NAMA SEKOLAH SMKN 2 Jember
ALAMAT Jl. TawangMangu No.59
TGL UPLOAD 20 Oct 2019
FILE INOVASI

Manfaat

Pemasangan growth light ini sebenarnya awalnya dianggap tidak berfungsi karena tanaman sudah mendapat sinar saat siang hari, akan tetapi penambahan penyinaran ini ternyata penting dan membuat pertumbuhan tanaman lebih cepat. Penyinaran ini secara teori membuat fotosintesis tambahan pada tanaman sehingga jika diibaratkan proses pemasakan makanan, maka membuat makanan menjadi lebih cepat. \r\n\r\nSistem bak penampung berupa kolam portable dengan variasi air pembuangan AC dapat membuat pertumbuhan tanaman lebih segar dan lebih segar. Ikan yang ada diharap membantu supply nutrisi selain dari nutrisi AB mix yang telah diberikan pada tanaman


Sasaran

Sensor growthlight dioasang untuk menambah pencahaan saat malam dengan sinar UV yang dioerlukan bagi fotosisntesis tanaman.\r\n\r\nKolam portable untuk menggantikan peran bak penampung air dan nutrisi


Deskripsi

Sistem Hidroponik yang kami design di sekolah kita saat ini tidak hanya hidroponik murni akan tetapi menggunakan sistem simbiosis dengan ikan atau biasanya dikenal aquaponik. 


*Aquaponik*

Sistem kerja akuaponik sangat sederhana. Air beserta kotoran yang berasal dari budidaya ikan disalurkan kepada tanaman karena mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman. Lalu, tanaman akan menyerap nutrisi dari air dan kotoran ikan tadi.


Sebagai gantinya, tanaman akan memberikan oksigen kepada ikan melalui sirkulasi air yang sudah tersaring oleh media tanam. Dalam akuakultur, limbah berupa urine, feses dan sisa pakan ikan yang menumpuk di dalam air dapat bersifat toksik bagi ikan. Namun bagi tanaman, limbah-limbah tersebut kaya nutrisi dan sangat bermanfaat untuk pertumbuhannya.


*Kolam portable*

Kolam portable kami rancang dari limbah kardus yang dirangkai sedemikian rupa. Rangkaian dibuat semacam balok-balok besar lalu kami jadikan satu sehingga membentuk kerangka yang kuat. Kerangka kolam kemudian kami letakkan di tempat yang diinginkan dan bisa dipindah kapanpun dan dimanapun. Sehingga disebut *_Portable_*. 


Bagian tengan kerangka kolam kami beri terpal lalu kita beri air. Terpal ini bertujuan agar air kolam tidak bocor. Selanjutnya kolam kami isi dengan ikan untuk membantu supply nutrisi bagi tanaman. 


*Pengaruh Sinar Matahari*

Setiap tanaman membutuhkan sinar matahari untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Kondisi optimum pemberian cahaya pada setiap tanaman akan berbeda. Intensitas optimum cahaya terhadap tanaman akan berbeda sesuai tumbuhan yang cocok dengan kondisi ternaungi dan yang tidak ternaungi (Haryanti, 2010)


Unsur radiasi matahari antara lain yaitu intensitascahaya, kualitas cahaya dan lama penyinaran.nBanyaknya tumbuhan besar dan lahan yang sempit membuat penyinaran cahaya matahari pada tanaman berkurang. Hal ini akan mempengaruhi intensitas cahaya, suhu udara, kelembaban udara dan mengurangi ketersediaan energicahaya yang akan diubah menjadi energi panas dan energi kimia (Widiastoety,dkk., 1995). 


*Sensor Growth Light*


Instalasi kami rancang sedemikian rupa dan software kami tata dan diatur dengan jangka waktu 2 jam yaitu jam 7-9 malam. Instalasi di ddsign dengan program mikrokontroller. Pada rak-rak kami pasang uv Light. Karena radiasi matahari yng digunakan untuk fotosintesis adalah sinar UV. 


Alat ini kami pasang dan awalnya sudah kami uji cobakan. Ternyata tanaman yang dihasilkan pertumbuhannya lebih cepat sehingga panen lebih cepat. Hal ini sebenarnya cukup menjadi solusi bagi produktivitas tanaman.


Komentar