• DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA TIMUR
cloud

Simulasi Pembelajaran Automasi Forklift Melalui Teknologi Robotic



INOVATOR
NAMA AGUS PARIADI
PROFESI Guru
NAMA SEKOLAH SMK PGRI 2 PONOROGO
ALAMAT Kab. Ponorogo
TGL UPLOAD 17 Oct 2019
FILE INOVASI Simulasi Pembelajaran Automasi Forklift Melalui Teknologi Robotic.pdf

Manfaat

1. Siswa semakin trampil\r\n2. Segala pekerjaan yang berkaitan menggunakan automasi


Sasaran

1. Memudahkan pengoperasian alat berat karena menggunakan sistem automasi \r\n2. Meningkatkan produktivitas kerja \r\n3. Meningkatkan akurasi kerja \r\n4. Efisien waktu dan dapat bekerja terus menerus \r\n5. Mengurangi risiko kecelakaan kerja


Deskripsi

Guna menyongsong era industri 4.0 yang serba cepat dan modern, maka dibutuhkan sebuah inovasi yang dapat membantu pekerjaan manusia menjadi lebih baik, mudah, dan efisien. Sebagai contoh  pada bidang  teknik alat berat dalam hal memindahkan barang dari satu titik ke titik yang lain, dibutuhkan sebuah alat yang bernama Forklift. 

Forklift merupakan salah satu alat pada bidang teknik alat berat yang dalam pengoperasiannya membutuhkan seorang operator dengan keahlian khusus guna menjamin ketepatan dan keselamatan kerja. Dikarenakan masih dioperasikan oleh tenaga manusia, sehingga dimungkinkan terjadinya risiko kecelakaan kerja akibat  kelalaian dari manusia itu sendiri.  

Maka dari itu dirancanglah sebuah forklift yang dikombinasikan dengan teknologi robotik. Dengan teknologi robotik, maka diharapkan dapat mengurangi terjadinya risiko kecelakaan kerja.  Selain itu,  karena lebih efisien dan dapat bekerja terus menerus, maka teknologi ini juga bisa meningkatkan ketepatan  dan produktivitas kerja. 


Komentar