• DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA TIMUR
cloud

Pemberdayaan Siswa Smkn 1 Singgahan Tuban Dalam Pembuatan Instalasi Hidroponik Nft, Dft, Dutch Bucket, Ebb And Flow Dan Aquaponik Untuk Mewujudkan Sdm Unggul Dalam Berwirausaha



INOVATOR
NAMA RIKA WULANDARI
PROFESI GURU
NAMA SEKOLAH SMKN 1SINGGAHAN TUBAN
ALAMAT Jalan Panglima Sudirman No.100 Singgahan Tuban
TGL UPLOAD 16 Oct 2019
FILE INOVASI INOVASI SMKN 1 SINGGAHAN TUBAN.pdf

Manfaat

Manfaat dari inovasi pemberdayaan dan pelatihan pembuatan instalasi dan usaha tani Hidroponik ini adalah agar siswa siswi SMKN 1 Singgahan kususnya jurusan Agribisnis Tanaman Pangan Dan Hortikultura (ATPH), mampu berwirausaha di bidang hidroponik. Diharapkan mereka tidak hanya mendapatkan penerimaan dari hasil usaha tani komoditas baik sayuran dan buah, tetapi mereka juga mendapatkan penerimaan dari hasil pembuatan pesanan Instalasi Hidroponik.


Sasaran

Tujuan dari pemberdayaan dan pelatihan siswa secara mandiri dalam pembuatan instalasi hidroponik adalah menciptakan jiwa berwirausaha usaha tani Hidroponik dan menerima pemesanan pembuatan instalasi Hidroponik


Deskripsi

Siswa siswi jurusan ATPHSMKN 1 Singgahan diberikan pelatihan untuk membuat instalasi Hidroponik.Pelatihan pembuatan instalasi diantaranya instalasi NFT, DFT, Ebb and flow danDutch Bucket. Pelatihan diadakan 2 hari dengan menggundang pelatih pembuatanyang sudah profesional. Tindak lanjut anak-anak bersama tim membuat instalasiAquaponik. Sistem Aquaponik ini menggabungkan antara budidaya sayuran dan ikandibagian bawah. Dengan proses air dari kolam ikan dinaikan keatas menggunakanpompa, air yang mengalir dari kolam mengandung nutrisi yang dibutuhkan olehtanaman yang didapat dari kotoran ikan. Jadi konsep ini sangat efisien untukmendapatkan penerimaan dari usaha tani ikan dan sayuran dalam satusistem. 

Selain itusecara continue siswa-siswi melakukan perbaikan instalasi hidroponik disekolahsecara profesional. Selain diberdayakan untuk dapat membuat berbagai macaminstalasi hidroponik, siswa siswi melakukan usaha tani berbagai macam sayurandan  buah melon dalam instalasi hidroponik yang telah dibuat. Sayuran yangdiusahakan antara lain Pakchoy, seledri, samhong, pagoda, bayam merah dankangkung. Buah yang diusaha kan adalah buah melon. Demikian inovasi yangdilakukan oleh siswa-siswi SMKN 1 Singgahan Tuban yaitu ketrampilan membuatinstalasi dan usaha tani di sistem Hidroponik. 


Komentar