• DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA TIMUR
cloud

Hidroponik Sistem Dft Dengan Memanfaatkan Sistem Panel Surya



INOVATOR
NAMA SUNARSIH, S.PD.
PROFESI Guru
NAMA SEKOLAH SMAN 1 Gondang
ALAMAT Jl Raya Pugeran nomor 61 Desa Pugeran Kecamatan Gondang
TGL UPLOAD 15 Oct 2019
FILE INOVASI HIDROPONIK SMAGO.pdf

Manfaat

SMA Negeri 1 Gondang merupakan sekolah yang mempunyai kewirausahaan hidroponik dengan menggunakan sistem panel surya. Inovasi ini dimaksudkan sebagai usaha memanfaatkan energi matahari yang merupakan sumber energi yang terbarukan dan menghemat biaya beban pemakaian listrik karena listrik hanya digunakan jika diperlukan utamanya malam hari. Jika listrik padam, utamanya pada siang hari sistem pengairan pada sistem hidroponik masih dapat terus berjalan.\r\nSebagai sekolah yang berbudaya lingkungan, sistem hidroponik dengan sistem panel surya dapat menambah wawasan kepada pendidik dan peserta didik untuk dapat mengembangkan inovasi pembelajaran dibidang tehnologi, mengembangkan pembelajaran yang berorientasi pada pelestarian lingkungan, mencegah pencemaran lingkungan, dan menghemat sumber daya alam. \r\n


Sasaran

Kewirausahaan hidroponik merupakan usaha dari SMA Negeri 1 Gondang untuk menjadikan lingkungan sekolah bersih, hijau, tampak asri, udara sehat, dapat menambah wawasan dan ketrampilan peserta didik untuk berwirausaha, yaitu membuat instalasi hidroponik, membuat nutrisi, dan melaksanakan pembibitan, perawatan tanaman dan semua kegiatan bertanam hidroponik.\r\n Hidroponik dengan sistem panel surya diharapkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran dari berbagai mata pelajaran yang saling berintegrasi. Aplikasi Fisika pada pemanfaatan panel surya dan pembuatan instalasi/sistem hidroponik dan penggunaan kain flanel untuk menyalurkan nutrisi. Aplikasi Kimia terkait dengan nutrisi (mengatur TDS dan pH). Aplikasi Biologi pada penyemaian, penanaman (penggunaan kain flanel agar tidak berjamur), perawatan hingga panen, dan aplikasi ekonomi pada kegiatan pasca panen. Selain itu juga mata pelajaran matematika dan geografi dapat berintegras di sini.\r\n


Deskripsi

Era sekarang ini, masyarakat semakin paham tentangpola hidup sehat dengan mengkonsumsi sayur sehat. Sayur hidroponik bisa menjadisolusinya, karena tidak butuh banyak lahan, hemat air, tidak bergantung musim ,lebih cepat panen, bersih, sehat bebas pestisida dan bebas E-coli.

SMANegeri 1 Gondang mengembangkan kewirausahaan hidroponik sejak Nopember 2018. Dari kewirausahaan hidroponik,telah dihasilkan beberapa jenis sayuran, yaitu kangkung, pakcoy, samhong dansiomak. Sayur yang dihasilkan dari hidroponik lebih segar, awet hijau, bersih,sehat, dan bebas pestisida.

Ada dua sistem hidroponik yang dilakukan,yaitu sistem Wick dan sistem DFT. Hidroponik system Wick hanya menggunakan air menggenang, sedangkan hidroponik sistem DFT (Deep FlowTechnique) memerlukan pasokan listrik sebagai sumber energi dari pompa untukmensirkulasi air nutrisi ke dalam pipa-pipa dalam sistem hidroponik. Ketika PLNmengadakan pemadaman listrik yang cukup lama, sering menjadi masalah bagi hidroponiksistem DFT karena sirkulasi air nutrisi yang terkendala. Panel surya adalahsalah satu solusi yang dikembangkan oleh SMA Negeri 1 Gondang.

SMANegeri 1 Gondang mempunyai 5 buahpanel surya tipe 100 Wpuntuk menerima energi panas matahari untuk diubah menjadi energi listrikdengan tegangan tiap lembar panel 14-18 Volt (6 Amphere). Solar ChargeControler berfungsi mengatur arus pengisian dari panel surya ke aki danmengatur arus keluar untuk masuk ke inverter. Inverter berfungsi mengubah arusDC 12 Volt menjadi 220 Volt untuk selanjutnya disambungkan ke beban (pompahidroponik, lampu, dan lainnya). Relay berfungsi untuk memindah secara otomatis dari inverter ke sumberPLN ketika energi padai aki kurang dari batas terendah.  Aki 12 Volt kapasitas 70 Ah berfungsimenyimpan energi listrik dari panel surya. Setiap panel suryamenghasilkan maksimal 6A sehingga dengan 5 panel surya dapatmensuplai arus 30 A dan dibutuhkan waktu minimal sekitar 2,5 jam untuk mengisiaki dari keadaan kosongmenjadi penuh. Panel surya dapat menghasilkan arus secara optimal antara pukul 10.00 sampaidengan jam 14.00 ketika cuaca cerah dan jika cuaca sering berawan sekalipun diharapkan panel dapat mengisiaki dengan penuh hanya dengan 2,5 jam saat sedang cerah.

Padasiang hari dengan cuaca cerah setiap panel surya menghasilkan 100 watt, sehinggauntuk 5 panel surya secara optimal dapat menghasilkan 500 watt yangdapat dipakai secara langsung. Setiap pompa air hidroponik membutuhkan 35 wattsehingga untuk 2 pompa dibutuhkan 70 watt. Sisa daya yang dihasilkan dari panelsurya digunakan untuk lampu ketika malam hari, printer, dan alat-alat kantor dengan beban listrik kecil saatsiang hari.

Komentar