• DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA TIMUR
cloud

“blitar Beauty Food And Fashion Festival 2018”



INOVATOR
NAMA HADI SUCIPTO, S.PD
PROFESI Kepala Sekolah
NAMA SEKOLAH SMKN 3 BLITAR
ALAMAT Jl. SudancoSupriyadi No. 24
TGL UPLOAD 09 Oct 2019
FILE INOVASI Best Practice B2F3.pdf

Manfaat

Adapun manfaat dari best practice ini adalah :\r\n1. Bagi peserta didik Best practice ini dapat dijadikan sebagai acuan, pemberi motivasi, wadah tempat mengembangkan ide, kreatifitas, dan potensi peserta didik.\r\nBagi Guru Best practice ini dapat mendorong guru untuk lebih banyak berkarya, serta membantu dan membimbing peserta didik dalam mengembangkan ide, kretifitas, dan potensinya. \r\nBagi Sekolah Best practice ini menjadikan sekolah menjadi lebih dikenal oleh masyarakat luas, serta menjadi rujukan bagi sekolah yang lainnya. \r\n


Sasaran

Tujuan dari pelaksanaan best practice ini adalah agar :\r\n1. Dapat menggali serta mengembangkan ide, kreatifitas, dan potensi peserta didik SMK Negeri 3 Blitar.\r\n2. Dapat mempromosikan Produk Unggulan Teaching Factory dalam rangka pengembangan SMK di SMK Negeri 3 Blitar.


Deskripsi

TemaEvent Blitar Beauty Food AndFashion Festival (B2F3)2018 adalah Blitar BatikGlamour yang dipersembahkan oleh SMK Negeri 3 blitar dalam ekspose Revitalisasiyang juga bersamaan pada pekan Diesnatalis yang ke 16 tahun. Karya-karyasiswa –siswi tersebut disajikan dengan tidak menghilangkan unsur budaya sertamenghadirkan sebuah inovasi baru yang tercipta dari unsur seni yangterinspirasi dari estetika kehidupan dan unsur –unsur dalam kehidupan yangtidak terbatas.

Dalamrangka program revitalisasi SMK, sesuai dengan inpres no 9 tahun 2016, SMKNegeri 3 Blitar menyelenggarakan Blitar Beauty Food & Fashion  Festival (B2F3)2018 yang merupakan Gelar Karya Produk Unggulan Teaching Factory dalamRangka Pengembangan SMK Pendukung Pariwisata. EventBlitar Beauty Food AndFashion Festival (B2F3)2018 ini mengangkat potensidunia kecantikan, makanan/kuedan fashion yang sedang trend saat ini dengan kolaborasi kompetensi keahlianTata Busana, Tata Bogadan Kompetensi keahlian Tata Kecantikan dilakukan guna menampilkan master piece karya siswa - siswi yangdikemas dalam kegiatan Pameran, Buffee,Pemilihan Duta Spanega,  dan Pagelaran Busana.

BlitarBeauty Food And Fashion Festival(B2F3) 2018 juga menggelarbeberapa bidang perlombaan diantaranya lomba Fashion se-Provinsi Jawa Timur.Gelar Cipta Karya Siswa SMK, LombaUp Style dan Body Painting. Hal ini merupakanbentuk aktualisasi dari pembelajaran di Jurusan Tata Kecantikan dan TataBusana.

BlitarBeauty Food And Fashion Festival(B2F3) 2018 selain menunjangsektor pariwisata juga untuk mengekspose potensi budaya dan komoditi lokaldaerah, Mengangkat batik yang menjadi salah satu ciri khas Blitar dan direalisasikan menjadi sebuah karya yang diimplementasikan pada fashion dan desain.

Padaevent ini juga ada batik karya anak-anak dari jurusan Kria Kreatif Kayu dan Rotan yang bertema batik “godong kayu”,setelah itu bahan ini dipakai untuk lomba Fashion .Pada saat acara juga diiringi Orkestradari SMK Negeri 2 Kasihan Bantul Yogyakarta dan dimeriahkan dengan penampilandari Bapak Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten danKota Blitar sertaBapak Kepala SMKN 3 Blitar.

Dan yang lebih menggembirakan, pakaian hasil karya siswa dengan namaMuhammad Choirul Amri, dipakai dan diperagakan oleh Putri Indonesia 2017,Bunga  Jelaita. Sedangkan hasil karyaananda Ranti Aprilia dipakai dan diperagakan oleh Putri Kosmopolitan 2017,Sherlita Prastica.

Untuk gelar karya siswa Tata Boga, selain Buffee pada acara B2F3 dipertunjukkan Juggling yangdilanjutkan dengan peragaan busana kerja Tata Boga sekaligus menampilkanmakanan yang diproduksi siswa Tata Boga

Denganadanya event Blitar Beauty Food AndFashion Festival (B2F3)harapannya akan menjadi event tahunan di SMK Negeri 3 Blitar baik kota maupunkabupaten Blitar yang akan menunjang industri pariwisata khususnya pariwisataedukasi dan budaya.


Komentar