• DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA TIMUR
cloud

Pemanfaatan Ekstrak Daun Dan Kulit Kayu Dengan Kompor Listrik Tenaga Surya Dalam Proses Produksi Batik Tulis Karya Siswa Sebagai Upaya Pelaksanaan Program Eco-green



INOVATOR
NAMA BAMBANG PARIKESIT
PROFESI PNS / Guru Seni Budaya
NAMA SEKOLAH SMAN 1 GONDANG MOJOKERTO
ALAMAT Jl. Raya Pugeran No. 61 Gondang Mojokerto 61372
TGL UPLOAD 30 Sep 2019
FILE INOVASI Presentasi untuk Siska dari SMAGO.pdf

Manfaat

Hasil dari inovasi tersebut sangat perlu dan penting, secara teoritis memberikan konsep baru tentang pembelajaran kolaborasi seperti contoh seni budaya dan fisika, yang memiliki nilai pengembangan ekspresi dan apresiasi siswa SMAN 1 Gondang Mojokerto. Kedua adalah Manfaat Praktis bagi pengampu kebijakan Pendidikan, Hasil inovasi ini dapat dijadikan referensi kebijakan dalam penyelenggaraan inovasi pembelajaran di masa yang akan datang. Yang ketiga bagi kami sebagai guru pengampu mata pelajaran seni budaya dan fisika menambah wawasan untuk mengembangkan inovasi pembelajaran pengetahuan praktis dalam melaksanakan pembelajaran yang berwawasan teknologi dan budaya sehingga siswa tidak hanya mampu menunjukkan karya baru namun juga kental akan unsur.eco-green (ramah lingkungan).


Sasaran

Melalui keterampilan batik di SMAN 1 Gondang Mojokerto kami memperkenalkan membatik atau teknik ini dikenal sebagai wax resist dyeing. Batik merupakan kerajinan khas asli Indonesia yang sudah diakui dunia, kami mencoba mengkombinasikan dengan teknologi panel surya sebagai tenaga listrik alternatif yang ramah lingkungan. Mata pelajaran Seni Budaya dan fisika mencoba menggabungkan teknologi tradisi dan masa depan dalam sebuah kolaborasi ketrampilan, memiliki peranan dalam pembentukan pribadi peserta didik yang harmonis dengan memperhatikan kebutuhan perkembangan anak dalam mencapai multikecerdasan untuk mewujudkan eco-green di lingkungannya.


Deskripsi

Batik merupakan kerajinan khas asliIndonesia yang sudah diakui dunia pada tanggal 2 oktober 2009 silam, sebagaiproduk budaya warisan dunia tak benda asli indonesia. Dalam literaturinternasional, teknik melukis di atas kain yang menggunakan lilin malam sebagaitintanya dan canting sebagai alat tulisnya yang terbuat dari tembaga denganmotif-motif tertentu yang memiliki kekhasan motif nusantara. Melalui pelajaranseni budaya keterampilan batik di SMAN 1 Gondang Mojokerto kami memperkenalkanmembatik atau teknik ini dikenal sebagai waxresist dyeing. Kendati batik tidak bisa dipisahkan dengan teknologi tradisi,bukan berarti produk ini tak bisa berkembang menjadi komoditas tinggi,melainkan menjadi produk budaya yang bernilai tinggi dan ramah lingkungan.

 

Banyakpengusaha atau pengrajin batik yang warnanya menggunakan pewarna kimiawi, itu akansangat mencemari lingkungan. Pewarna yang sudah tidak lagi konsentrat (mineralberharga yang dipisahkan dari bijih setelah melalui pengolahan tertentu) yangdibuang oleh para pengrajin akan menjadi limbah yang mencemari lingkungansekitar, terutama air. di SMAN 1 Gondang Mojokerto Hal ini sangat berbeda karenasiswa keterampilan batik mulai dikenalkan menggunakan pewarna yang terbuat daritumbuh-tumbuhan. Pewarna yang terbuat dari tumbuhan bisa dipakai sampai tuntas.Maksudnya adalah pewarna alami memiliki konsentrat warna yang stabil, sehinggapewarna itu bisa dipakai sampai habis. Dan sisa limbah padatnya yang berupahasil rebusan bisa digunakan kembali sebagai pupuk kompos. “Karena sifatnyaalami, maka limbah padat dari rebusan tumbuhan itu bisa dipakai sebagai pupukalami,”.Dengan demikian dimungkinkan mengembangkan produk teknologi budayayang berbasis lingkungan.

 

Panel surya/ solar cell disebut juga dengan sel fotovoltaik, merupakan perangkat listrik yang merubahenergi dari cahaya langsung menjadi listrik oleh efek fotovoltaik. Fungsi selsurya adalah menangkap energi dari sinar matahari, yang nantinya akan diubahmenjadi tenaga listrik. Cara kerja panel surya secara singkat yaitu panas daricahaya matahari dikumpulkan, selain dikumpulkan, panas dari cahaya mataharijuga digunakan untuk memanaskan cairan, lalu uap yang dihasilkan dipanaskanoleh generator, kemudian akan menghaslkan listrik. Demikian penjelasan singkatsurya panel yang pada intinya adalah sebagai energi alternatif pada komporlistrik yang sangat-sangat jelas ramah lingkungan dibandingkan kompor gas atauminyak tanah,dan keunggulan Panel Surya antara lain:

1.  Panel surya termasuk ramah lingkungan karena tidakmemancarkan emisi gas rumah kaca yang berbahaya, seperti karbon dioksida (wikipedia.org). Panel surya juga tidak memberikan kontribusi terhadapperubahan iklim.

2.  Panel surya memanfaatkan energi matahari, dan matahariadalah sumber energi yang paling berlimpah di planet bumi.

3.  Banyak negara di dunia menawarkan insentif yangmenguntungkan bagi pemilik rumah yang menggunakan panel surya.

4.  Panel surya tidak kehilangan banyak efisiensi dalam masapakainya yang mencapai sekitar 20 tahun.

5.  Karena masa pakainya yang panjang, yaitu mencapai 25-30tahun. Maka, panel surya menggaransi penggunanya untuk menghemat biaya energi.

 

Teknologidan Budaya terasa sangat erat dan kental hubungannya, apabila kitamemanfaatkannya secara efektif dan efisien, secara luas, teknologi dapat diartikansebagai sekumpulan teknik atau pengetahuan manusia tentang cara menggabungkansumber daya yang tersedia untuk memproduksi, memecahkan masalah, memenuhikebutuhan, serta mencakup metodeteknis, keterampilan, proses, alat, dan bahanbaku.Teknologi ramah lingkungan merupakan segala jenis aplikasi teknologi yangdapat memberikan kepuasan penggunaannya dengan sumber daya lingkungan yanglebih rendah. secara umum teknologi adalah teknologi yang hemat sumberdaya lingkungan .Teknologi ramah lingkungan umumnya menggunakan carapemanfaatan sumber energy yang dapat diperbarui seperti sinar matahari,angin, air, dan se!enisnya serta mengubahnya menjadi energi lain yang sedikitatau bahkan tidak menghasilkan limbah dan polusi. SMAN 1 Gondang Mojokertodengan adanya inovasi batik warna alam dan kompor listrik panel surya inisangat ramah lingkungan merupakan solusi dalam kaitannya dengan isu ataupermasalahan lingkungan hidup. Kehadirannya mutlak dibutuhkan karenaberpengaruh pada kelangsungan hidup manusia dan kelestarian lingkungan di masadepan

 

 

 

TimPenulis

 

Hj. NurulWakhidah, S.Pd. M.M.Pd  (Kepsek/Pembina)

Suyono, S.Pd.M.M.(WakaKurikulum / Pengarah)

BambangParikesit, S.Pd.(Pengajar Seni Budaya)

Drs. Thoyib (Pengajar Fisika)

Komentar