• DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA TIMUR
cloud cloud cloud cloud cloud cloud
cloud

Cari Anak Putus Sekolah, Dindik Jatim Rekrut 460 Relawan


Cari Anak Putus Sekolah, Dindik Jatim Rekrut 460 Relawan

Instansi pendidikan di Jatim ini memutuskan untuk mengambil relawan untuk mencari anak putus sekolah.

Relawan ini akan disebar ke seluruh plosok daerah Jawa Timur, mereka akan ditempatkan di 460 kecamatan. Di kecamatan ini, relawan harus bergerak cepat untuk menjemput bola. Mereka harus menyisir daerah-daerah untuk mendeteksi keberadaan anak putus sekolah.

"Ada sekitar 460 kecamatan, berarti ada sekitar 460 relawan juga. Mereka harus berada di seluruh kecamatan," kata Plt Kepala Dindik Jatim, Hudiono dikantornya.

Hudiono mengatakan, program pendidikan gratis atau Tistas yang dicanangkan Gubernur Jawa Timur sudah sangat tepat. Program tersebut bertujuan untuk mendorong anak melanjutkan sekolah ke jenjang SMA/SMK secara gratis. Untuk merespon itu, Dindik langsung bergerak dengan membentuk relawan pencari anak putus sekolah. “Kadang kan meskipun sudah gratis pendidikannya, mereka tidak mau masuk. Makanya kita upayakan menjemput bola, turun lapangan secara langsung,” ujarnya.

Mantan Kabid SMK ini menegaskan, relawan-relawan ini nantinya akan dibekali dengan penguatan tentang kebijakan teknis. Saat ada undangan, mereka akan mendapatkan biaya transportasi jika ada sosialisasi. Jika progres perkembangannya menjanjikan, tidak menutup kemungkinan Dindik akan mengalokasikan anggaran untuk kesejahteraan mereka. “Saat ini kalau mereka (relawan) dapat undangan penataran ke hotel, mereka dapat transportasi. Tetapi mereka tidak mendapatkan gaji,” terang dia.


Komentar